Selasa, 24 Februari 2015

Tips Memilih Gitar Yang Baik Dan Benar

Bingung Dalam Memilih Gitar ? Ini Dia Tips Memilih Gitar Yang Baik Untuk Kita

tips bagaimana memilih gitar yang baik

Ada ribuan gitar dengan ratusan merk terkenal di dunia ini, tapi justru terkadang mendapatkan banyak pilihan justru membuat kita bingung. Oke disini saya akan membahas tips bagaimana memilih gitar yang baik dan benar. Agar tidak ada penyesalan setelah membeli nya :)

Berikut ini adalah hal-hal yang penting dalam memilih gitar untuk kita atau adik kita, atau siapa saja yang baru ingin memiliki gitar. Yang harus diperhatikan adalah kita harus tepat dalam memilih ukuran dan disesuaikan dengan postur tubuh atau jari kita, karena cara terbaik untuk memulai adalah tidak menggunakan ukuran gitar yang tidak bisa kita pegang atau mainkan.Dan yang paling penting, jika kita membeli gitar adalah periksa setiap komponen, harus terlihat baik dan tes dengan tuning gitar nya, apakah suara nya terdengar bagus atau tidak.

Pilihlah jenis gitar yang paling menarik bagi kita. Karena cara ini akan memotivasi kita untuk bermain.

Banyak orang keliru membeli sebuah gitar akustik murah sama saja dengan gitar akustik mahal. Ini adalah tindakan yang salah, ada istilah "harga emang gak bisa bohong". Gitar akustik murah dibuat hanya untuk memperbanyak pilihan saja, tinggal bagaimana kita, mau murah tapi cepat rusak atau mahal sedikit tapi awet. Sekali lagi pilihlah yang paling menarik buat kita. Tapi kalo kita lebih tertarik dengan harga yg murah, ya kita boleh ambil gitar dengan merk yang tidak terkenal dengan resiko gitar tidak tahan lama.

Pilih ukuran gitar yang tepat.

Hal ini berlaku khusus nya untuk anak-anak. Sebuah gitar yang terlalu besar akan menyulitkan bagi anak kecil (adik, sepupu, dll)  untuk membuat jangkauan yang tepat dengan kedua tangan kanan dan kiri. gitar yang terlalu besar, atau pada neck/stang gitar yang besar dapat membuat bermain menjadi tidak nyaman dan bahkan malah membuat badan atau jari sakit. Hal ini juga berlaku untuk orang dewasa, lihat pada jari kita apakah sudah pas dengan ukuran fret gitar, terlalu memaksakan jari pada fret yang tidak bisa di capai akan menyebabkan jari kaku.

Pilihlah gitar dengan harga yang sesuai.

Hal ini mungkin tampak sedikit sulit karena pasti kita menginginkan gitar denga merk bagus tapi dengan harga yang murah. Kembali lagi pada diri kita, gitar seperti apa yang kita butuhkan? yang awet dan nyaman atau yang murah dan beresiko?

Hindari pembelian gitar dalam paket.

Pepatah lama, "Jika kedengarannya bagus di luar, lihat dulu bagian dalamnya", harus diperhatikan bahwa sangat aneh jika anda menemui penjualan gitar dengan paket yang harga nya 20 juta rupiah, tapi hanya di jual dengan harga 5 juta rupiah. Apalagi penjualan lewat promo-promo. Disitu jelas terlihat ada sesuatu yang janggal, apa ? bisa saja gitar nya merk ibanez tapi KW10, atau Amplifier nya Marshal KW15 dan seterusnya. Nah saya sarankan untuk lebih memilih membeli gitar satuan, di tempat yang jelas dengan merk yang jelas.

Tidak selalu harus yang mahal.

Dalam memilih gitar, terlihat dari poin poin di atas bukan berarti kita harus membeli gitar yang terlalu mahal. Pilihlah sesuai dengan budget kita, pilih yang nyaman buat kita, merk stetelahnya. Kenapa ? karena belum tentu gitar entry level itu jelek, terkecuali merk KW (contoh yamaha KW, Ibanez KW dan saudara saudaranya). Sudah banyak kok gitar gitar lokal atau merk-merk entry level yang enak, nyaman dan terlihat baik untuk dimainkan. Lihat budget, Pilih, Lalu merk (y)

Pilihlah gitar dengan finishing dan warna yang kita suka.

Memiliki gitar tidak berarti hanya tentang bermain dan suara baik saja, tetapi juga menarik secara visual dapat memberikan kontribusi yang besar untuk memotivasi kita untuk terus bermain dan berlatih.

Pastikan menyertakan tuner dalam pembelian kita
Sebenarnya poin ini tidak terlalu penting, karena kita bisa tuning gitar dengan manual tanpa harus bantuan tuner. Tapi harus di ingat bahwa hal itu berlaku untuk orang yang sudah mahir bermain gitar. Buat kita yang masih newbie tentu tuner sangat di perlukan, apalagi jika kita tidak ada guru yang mengajarkan. Tuning standar sangat mutlak pada gitar baru, karena kebanyakan lagu atau isntrumen musik dimainkan dengan tuning standar. (ada beberapa website yang menyediakan tempat tuning, hanya dengan mendengarkan suara, contohnya tune o matic).

Oke sekian tips bagaimana memilih gitar yang baik dan benar dari saya, mudah-mudahan dapat bermanfaat dan terima kasih \m/

Related Posts

Tips Memilih Gitar Yang Baik Dan Benar
4/ 5
Oleh